My cart
Rp 0
0

My Cart

  • No products in the cart.
Pintu Fortis | Produsen Pintu Besi > Tips & Trik > Maintenance Pintu Garasi Besi
rel pintu besi garasi rumah
Oktober 13th, 2017

Maintenance Pintu Garasi Besi

Pintu garasi adalah salah satu bagian yang hampir tidak bisa dipisahkan dalam rumah. Fungsi pintu garasi selain untuk melindungi rumah, kendaraan, dan barang-barang berharga anda dari aksi pencurian maupun sejenisnya. Pintu garasi juga memiliki fungsi lainnya yaitu mampu memperindah dan memberikan kesan yang mewah pada rumah Anda. Pintu Garasi digunakan hampir selalu digunakan dalam setiap aktifitas, seperti mengeluarkan kendaraan, memasukan kendaraan dan sebagainya. Supaya pintu garasi Anda beroperasi secara optimal, lancar dan juga aman selama beberapa tahun kedepan atau mungkin beberapa dekade yang akan datang perlu dilakukan maintance dan juga pengecheckan. Maka dari itu akan sangat penting bagi Anda untuk setidaknya meluangkan waktu bebarapa menit saja untuk melakukan perawatan dan pengecheckan preventif secara reguler. Berikut ini adalah beberapa tips merawat pintu garasi:

1. Amati Tindakan Pencegahan.

Tindakan Pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengamati bagaimana pintu garasi Anda bekerja dalam setiap kali penggunaan. Apakah pintu dapat bergerak dengan lancar atau tersentak di tempat? Apakah beroperasi tanpa bising atau goresan suara? Apakah kedua sisi sistem (mata bor, katrol dan kabel) terlihat simetris?. Jika ada hal-hal yang janggal atau sudah terjadi kerusakan segera hubungi layanan profesional untuk proses perbaikan.

2. Kencangkan Hardware

Rata-rata pintu garasi bergerak membuka dan menutup lebih dari ribuan kali dalam setahun. Maka dari itu semakin banyak gerakan dan getaran, maka semakin besar pula hardware pintu garasi itu longgar. Tindakan pencegahan yang paling sederhana adalah dengan memeriksa serta mengencangkan semua braket roller dan baut dengan kunci pas soket atau kalau masih tidak bisa atau takut akan lebih baik jika memanggil tenaga ahli. Hardware yang terpasang dengan rapi dan sesuai pada posisinya, akan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan bahaya di kemudian hari dan juga bisa dapat memperpanjang masa guna pintu garasi Anda.

3. Periksa dan Ganti Roller

Rol, baik terbuat dari baja, nilon maupun stainless, sangat perlu dilakukan pemeriksaan kurang lebih 2 kali dalam setahun atau lebih sering juga lebih baik agar bisa mendeteksi kerusakan lebih dini sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan. Lakukan penggantian setiap delapan tahun sekali atau apabila pihak tenaga ahli menyarankan penggantian segera lakukan, dan terlebih lagi jika Anda menggunakan pintu garasi Anda berkali-kali dalam sehari. Usang, rol terkelupas atau retak harus diganti dengan segera. Anda melakukan ini dengan melepaskan dan memasang kembali semua braket roller. Hal-hal ini dilakukan supaya masa guna pintu dapat bertahan lebih lama dan tentu saja dapat mengurangi risiko kerusakaan maupun kecelakaan.

4. Lumasi Bagian Bergerak

Bersihkan dan Lumasi, Bersihkan jejak debu dan puing pintu dengan kuas tua atau sapu kecil, Lumasi bantalan rol, engsel, bantalan ujung, dan pegas dengan pelumas silikon berkualitas baik. Pelumas memiliki inhibitor karat yang akan memecah karat dan memperkuat baja Jangan sekali-kali mengoleskan lobang pintu garasi Anda dengan minyak, karena minyak akan menarik kotoran dan debu yang menyebabkan kerusakan rol Anda secara dini

5. Groom Pintu Garasi Anda

Jangan lupa selalu biasakan melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala untuk pintu garasi Anda. Pintu baja mungkin memiliki bintik-bintik karat yang perlu diampelas, diduplikasikan dan dilukis. Cuci pintu garasi Anda secara teratur dengan pembersih serbaguna yang ringan.. Perlu diingat, pintu garasi memiliki ukuran hampir sepertiga luas bagian luar rumah Anda, jadi selalu pastikan pintu garasi Anda tetap terawat dan berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak sempat melakukan check up rutin semacam ini, maka hubungi hubungi tenaga profesional pintu garasi untuk menjadwalkan panggilan layanan tune-up.

Related posts